7 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Jogja (2022)

Rekomendasi-Wisata-Alam-Terbaik-di-Jogja

Sering kali kebisingan kota membuat mood kita hancur sampai stres berkepanjangan. Dan healing ke alam adalah solusi terbaik untuk memutus beban tersebut. Bagi kamu yang berada di Jogja, ada beberapa tempat healing dengan nuansa alam yang asri yang bikin nyaman hati.

Ada yang memiliki konsep hutan wisata, bukit untuk camping hingga pantai untuk melepas stres. Mau tahu wisata alam terbaik di Jogja yang cocok buat healing? Berikut 10 rekomendasi tempat wisata terbaik di Jogja yang wajib kamu kunjungi:

1. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger (kredit gambar: instagram.com/tevisarie/)
LokasiJl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-21.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Jogja50 mnt (21,1 km) lewat Jl. Pleret – Pathuk
Rating tempat wisata4,5/5 dari 22.061 ulasan Google

Lagi stres akibat deadline kerjaan? Pengen healing di tempat yang sejuk, nyaman dan adem di area Jogja? Ke Hutan Pinus Pengger saja. Di sana, kamu bisa rekreasi di tengah hutan pinus yang sejuk dan nyaman. Ada banyak spot bersantai di bawah pohon pinus. Cukup duduk-duduk santai sambil menunggu senja tiba. Pikiran kamu akan kembali segar dan hati bahagia.

Selain bersantai, Hutan Pinus Pengger juga memiliki beberapa tempat foto buatan yang bertemakan alam. Semua atribut foto terbuat dari akar, bambu dan kayu. Jadi, nilai serinya tetap bisa menyatu dengan alam di sekitar hutan pinus.

Beberapa spot foto yang jadi favorit banyak wisatawan adalah tangan raksasa, jembatan kayu, rumah kurcaci, taman hammock, hingga terowongan akar. Hasil foto di tempat tersebut sangat apik. Dan akhirnya membuat Hutan Pinus Pengger viral di media sosial.

Bagi yang kurang mahir mengambil foto, kamu bisa menyewa jasa fotografi yang ada di sana. Cukup bayar Rp3.000/file kamu bisa mendapatkan foto keren seperti foto-foto wisatawan Hutan Pinus Pengger yang viral di sosial media.

Kapan waktu terbaik untuk berwisata ke Hutan Pinus Pengger? Menurut kami, waktu terbaik untuk ke Hutan Pinus Pengger adalah saat sore hari. Karena waktu sore hari kamu akan mendapatkan suasana senja yang cantik di tempat ini. Ingat ini, 1 jam sebelum sunset, kamu bisa mendapatkan cahaya yang bagus untuk berfoto sambil menikmati alam.

Setelah itu, jangan langsung pulang. Tunggu sampai petugas menyalakan lampu-lampu dan ornamen cantik yang menghiasi Hutan Pinus Pengger di malam hari. Istimewa banget, deh!

Catatan: Hutan Pinus Pengger cocok untuk wisata bersama pasangan, rekan kerja dan wisata keluarga. Fasilitas wisata cukup lengkap dan terawat. Area parkir luas, ada tempat bersantai, aula, kamar mandi hingga musala. Hanya dengan tiket masuk Rp5.000, kamu bisa mendapatkan fasilitas sebagus ini, ini worth it banget.

2. Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Hutan Pinus Mangunan Dlingo (kredit gambar: instagram.com/tia.istiana/)
LokasiSukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00-18.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000j/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Jogja50 mnt (23,0 km) lewat Jl. Imogiri Barat
Rating tempat wisata4,6/5 dari 21.440 ulasan Google

Rekreasi ke Hutan Pinus Mangunan Dlingo memang menjadi salah satu wisata favorit wisatawan yang ada di Jogja. Pasalnya, ekowisata Hutan Pinus Mangunan Dlingo menyajikan beragam kesenangan wisata bertema outdoor yang seru. Mulai dari arena outbond, rumah pohon, taman teater alam, taman bunga hingga berbagai spot selfie yang kekinian.

Beberapa tempat berswafoto yang ikonis di Hutan Pinus Mangunan Dlingo, di antaranya:

  1. Panggung teater alam
  2. Spot foto “Pinus Jogja” yang ada di gerbang masuk
  3. Taman rumput sintetis di pinggir tebing
  4. Anjungan perahu di pinggir jurang
  5. Taman hammock
  6. Rumah pohon
  7. Rumah hobbit
  8. Taman bunga
  9. Arena outbound

Semua fasilitas wisata di atas bisa kamu nikmati dengan membayar tiket masuk Rp5.000 saja. Murah, bukan? Bisa rekreasi di hutan yang sejuk. Tata kelola hutan sangat cantik dan terawat. Banyak fasilitas wisata bertema ekowisata yang keren. Worth it, banget liburan ke hutan Pinus Mangunan Dlingo.

Bagi kamu yang nggak jago foto-foto cantik, kamu bisa memakai jasa fotografi yang ada di lokasi wisata. Tarif yang dibanderol juga relatif murah, yaitu Rp20.000/6 file foto. Jadi, kamu bisa mengabadikan momen terindah dalam hidupmu dengan maksimal.

So, tunggu apalagi, liburan depan langsung ke sini ya. Hehe.

Catatan: Sebaiknya wisatawan menyiapkan kartu vaksin atau aplikasi peduli lindungi saat mau ke sini. Karena ada pemeriksaan di gerbang masuk.

3. Puncak Pinus Becici

Puncak Pinus Becici (kredit gambar: instagram.com/arif_josselalu/)
LokasiGunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00-22.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Jogja50 mnt (21,1 km) lewat Jl. Pleret – Pathuk
Rating tempat wisata4,5/5 dari 22.061 ulasan Google

Satu lagi spot wisata alam terbaik di Jogja yang lagi hits, yaitu Puncak Pinus Becici. Puncak Pinus Becici merupakan wisata alam bertema ekowisata yang berada di atas bukit gunung cilik. Saat mendaki ke Puncak Becici, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan hutan pinus yang cantik. Pohon pinus yang rindang memayungi wisatawan yang bersantai dan jalan-jalan di area hutan wisata.

Suasana sejuk dari pepohonan pinus juga membuat suasana wisata semakin asyik. Terlebih banyak tempat bersantai yang disediakan oleh pihak pengelola wisata. Nyaman banget, deh!

Fasilitas yang bisa kamu nikmati di objek wisata Puncak Becici, di antaranya:

  • Panggung teater alam. Biasanya, beberapa kali sebulan, ada pentas musik dan tari di tempat ini. Banyak wisatawan yang hadir untuk menyaksikannya
  • Rumah pohon
  • Berbagai spot foto premium yang terbuat dari akar dan ranting tumbuhan
  • Taman bunga
  • Arena trekking hutan pinus
  • Area camping ground
  • Rumah jamur
  • Musala

Menurut kami, wisata alam di Puncak Becici sangat rindang, asri, dan romantis. Pemandangan Gunung Merapi juga bisa terlihat dari Puncak Becici. Saat cuaca cerah kamu bisa melihat keindahan kota Bantul dan Jogja dari ketinggian.

Catatan: Waktu terbaik untuk mengunjungi Puncak Becici adalah saat pagi atau sore hari dan saat ada live musik di malam hari. Pada saat-saat tersebut, kamu akan mendapatkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

4. Bukit Klangon

Bukit Klangon (kredit gambar: instagram.com/irhazzamil/)
LokasiKalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Jogja1 jam 10 mnt (35,5 km) lewat Jl. Pakem – Kalasan
Rating tempat wisata4,6/5 dari 6.423 ulasan Google

Kita lanjut ke wisata alam terbaik di Jogja selanjutnya, yaitu Bukit Klangon. Bukit Klangon merupakan objek wisata yang terletak di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Dari Bukit Klangon, kamu dapat melihat punggung Gunung Merapi yang longsor akibat erupsi dengan sangat jelas.

Udara di area wisata alam Bukit Klangon sangat sejuk dan cenderung dingin. Terlebih saat kabut mulai turun. Karena suasana alamnya yang syahdu, banyak wisatawan yang lebih suka camping di area ini. Wisatawan biasanya membawa perlengkapan camping sendiri dan berkemah beberapa hari di Bukit Klangon ini.

Selain berkemah, wisatawan juga senang melakukan trekking untuk melihat bekas-bekas erupsi merapi. Dan beberapa lainnya, senang melakukan wisata downhill menggunakan sepada gunung untuk menjelajahi Bukit Klangon.

Apa keistimewaan camping ground di Bukit Klangon? Ada 5 kelebihan camping ground di Bukit Klangon, di antaranya:

  1. Lokasi camping mudah diakses dengan menggunakan motor maupun mobil
  2. Suasana camping ground relatif sepi dan nyaman. Fasilitas wisata relatif lengkap dan terawat. Jadi, memanjakan banget buat para campers
  3. Panorama alamnya cantik. Kamu bisa melihat sunrise dan sunset dengan background Gunung Merapi yang legendaris. Jika cuaca cerah, dan kamu membawa binocular, kamu bisa melihat kawah merapi dengan jelas dari atas Bukit Klangon
  4. Udara di sekitar tempat camping relatif sejuk dan dingin
  5. Terdapat gardu pandang untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi dari kejauhan

Karena berbagai kelebihan itulah, Bukit Klangon dinobatkan wisatawan sebagai salah satu tempat camping terbaik di Indonesia. Jadi, bagi kamu yang suka wisata alam dan punya hobi camping, kamu wajib coba datang ke Bukit Klangon, Jogja.

Catatan: Di sekitar tempat wisata terdapat warung makan, toilet, gazebo hingga musala. Jadi, aman untuk membawa rombongan keluarga besar berwisata ke sini.

5. HeHa Sky View

Sky Glass di HeHa Sky View (kredit gambar: instagram.com/hehaskyview/)
LokasiJl. Dlingo-Patuk No.2, Patuk, Bukit, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat: 10.00 WIB-21.00 WIB Sabtu-Minggu: 08.00 WIB – 21.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Senin – Jumat:
11.00-15.00 WIB = Rp15.000 per orang
15.01-21.00 WIB = Rp20.000 per orang
Sabtu, Minggu, dan hari libur:
08.00-21.00 WIB = Rp20.000 per orang 
Rute menuju tempat wisata dari kota Jogja45 mnt (18,6 km) lewat Jl. Wonosari
Rating tempat wisata4,4/5 dari 22.688 ulasan Google

Pengen wisata alam yang kekinian? Coba main ke HeHa Sky View. HeHa Sky View merupakan taman hiburan dengan konsep modern yang menawarkan pemandangan alam dan city view yang menarik. Di HeHa Sky View kamu bisa bersantai di outdoor maupun indoor dengan menikmati pemandangan alam yang menawan dari ketinggian.

Selain menawarkan panorama alam yang cantik, objek wisata HeHa Sky View juga menawarkan beragam spot foto kekinian yang banyak, di antaranya:

  • Sky Glass
  • Selfie Garden
  • Bean Bag
  • Bubble Tent
  • Taman makrame

Setidaknya ada 40an spot foto yang instagramable. Sebagian besar spot fotonya gratis, tapi beberapa di antaranya berbayar. Biarpun berbayar, tapi kamu bisa mendapatkan hasil foto yang menawan di sana. Worth it, lah, buat cerita ke anak cucu! Hehe.

Kapan waktu terbaik untuk berkunjung HeHa Sky View? Menurut kami, waktu terbaik saat pagi hari (08.00-10.00) dan sore-malam hari (15.00-21.00). Kebanyakan wisatawan mengambil waktu sore hari sampai malam. Karena mereka mengincar pemandangan sunset di sore hari dan malam harinya mereka ingin melihat jogja city view dari ketinggian. Pemandangan HeHa Sky View di malam hari sangat spektakuler.

Catatan: Karena HeHa Sky View sangat menarik, ribuan wisatawan selalu memadati objek wisata dini di hari libur dan weekend. Jadi, kalau mau sampai puas, datanglah saat weekday. Oia, satu lagi. HeHa Sky View cukup luas dan banyak anak tangga. Harap berhati-hati saat membawa anak kecil dan lansia.

6. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara (kredit gambar: instagram.com/lenkaaaaaaa.n_/)
LokasiJl. Lintas Sel., Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Jogja53 mnt (32,0 km) lewat Jl. Parangtritis
Rating tempat wisata4,4/5 dari 14.879 ulasan Google

Pantai Goa Cemara merupakan salah satu Pantai Bantul yang paling populer. Pemandangan laut yang indah dan bibir pantai cantik membuat wisatawan betah berlama-lama di pantai ini. Terlebih, Pantai Goa Cemara segaris dengan Pantai Patihan dan Pantai Pandansari. Dengan begitu letak antar pantai tidak begitu jauh. Jadi, wisatawan bisa mengunjungi 3 pantai sekaligus saat berwisata di Bantul.

Apa keistimewaan Pantai Goa Cemara? Setidaknya ada 5 hal yang membuat Pantai Goa Cemara istimewa, di antaranya:

  1. Pemandangan hutan cemara yang unik
  2. Panorama sunset yang indah di Pantai Goa Cemara
  3. Ada konservasi penyu di dekat Pantai Goa Cemara
  4. Ada menara mercusuar di pinggir pantai
  5. Terdapat ATV untuk berkeliling pantai

Menarik ya? Selain kelebihan di atas, memang suasana di Pantai Goa Cemara sangat nyaman. Angin sepoi-sepoi dan suara ombak yang menggelegar menentramkan hati. Cocok buat healing bagi wisatawan yang lagi stres, patah hati atau depresi.

Untuk bisa menikmati Pantai Goa Cemara secara maksimal, kami sarankan untuk camping. Dengan camping, kamu bisa melihat sunrise dan sunset yang cantik di pantai ini. Terlebih kalau cuaca cerah kamu bisa melihat berbagai gugusan bintang cantik di langit Bantul.

Catatan: Ombak Pantai Goa Cemara cukup besar. Jadi, nggak cocok untuk berenang. Wisatawan bisanya hanya main air di bibir pantainya saja atau menikmati pantai sembari bersantai-santai.

7. Pantai Drini

Pantai Drini (kredit gambar: instagram.com/pantaigk/)
LokasiDesa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Jogja46 menit (25,2 km) lewat Jl. Baron
Rating tempat wisata4,5/5.0 – 9.927 ulasan Google

Mau cari wisata pantai yang hits di Gunungkidul? Coba ke Pantai Drini. Pantai Drini adalah salah satu pantai di Gunungkidul yang lagi naik daun. Beragam fasilitas wisata dan wahana permainan air terus bertambah di pantai ini. Salah satunya adalah permainan air kano. Jadi, wisatawan bisa menyewa kano dan mendayung berkeliling di pantai Drini.

Bagi kamu yang nggak suka mendayung, kamu bisa berjalan-jalan di tepi pantai Drini. Pemandangannya cantik dan air lautnya bening. Kamu pasti betah bermain air di sini.

Bagi yang suka menjelajah, Pantai Drini memiliki pantai yang cukup panjang. Di tambah ada pulau terpencil yang ada di seberang. Kamu bisa melakukan susur pantai dan melintas ke pulau Drini.

Menarik, bukan?

Kapan waktu terbaik untuk berwisata ke Pantai Drini? Sore hari. Ya, karena saat sore hari matahari di Pantai Drini tidak begitu menyengat. Dan angin lautnya sepoi-sepoi. Sangat nyaman. Terlebih, kalau kamu bisa mendapatkan pemandangan sunset yang jernih tanpa tertutup awan. Itu istimewa banget.

Catatan: Pantai Drini memiliki ombak yang sedang khas pantai selatan. Mohon rombongan yang membawa anak kecil untuk selalu mendampingi anaknya jika sedang bermain air di tepi pantai.

Wisata alam merupakan salah satu bentuk rekreasi yang asyik di Jogja. Dan nyatanya banyak orang yang rindu bertamasya ke Jogja. Maka dari itulah, kami membuat rekomendasi wisata alam di atas. Terakhir, jika ada rekomendasi wisata alam menarik yang kami lewatkan, tolong ingatkan kami melalui kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.