Ukuran Foto untuk Melamar Kerja yang Umum Digunakan

ukuran-foto

Momen saat akan melamar kerja memang cukup menegangkan. Terkadang, kesalahan sedikit saja bisa menyebabkan kamu gugur melawan banyaknya pesaing. Salah satu kesalahan paling umum bagi pelamar kerja adalah ukuran foto untuk melamar kerja yang kurang tepat.

Maka dari itu, kami akan membantu kamu melalui artikel ini. Pada dasarnya, untuk melamar kerja di perusahaan mana saja aturan dasar ukuran fotonya hampir sama. Mungkin, di beberapa perusahaan khusus akan dijelaskan secara rinci.

Namun, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mempelajari mengenai hal ini. Nah, tak perlu berlama-lama lagi, berikut adalah ukuran foto untuk melamar kerja yang benar!

Ukuran Foto  Untuk Melamar Kerja Standar

ukuran-foto

Foto adalah dokumen yang wajib ada pada surat lamaran kerja. Baik yang disampaikan secara online ataupun offline. Maka dari itu, kamu harus perhatikan betul-betul perihal ini. 

Biasanya, ada 2 kategori ukuran foto yang ditetapkan oleh perusahaan. Tentunya, disesuaikan dengan persyaratan dari masing-masing instansi atau perusahaan. Diantaranya foto lamaran kerja setengah badan dan full badan.

1. Ukuran foto setengah badan

Untuk ukuran foto setengah badan, kamu harus menyertakan dari ujung kepala hingga dada. Untuk ukuran bakunya sendiri adalah 4 x 6 cm. Dimana 4 cm untuk bagian atas dan bawah serta 6 cm untuk bagian samping kanan dan kiri. Jadi, jangan sampai terbalik.

2. Ukuran foto Full Badan

Jika perusahaan meminta kamu untuk menyertakan foto full badan, maka pastikan ukuran yang dipilih saat mencetak adalah 4R. Jika dikonversikan dalam satuan sentimeter, maka ukurannya adalah 10,2 x 15,2 cm.

Pastikan fotomu dari ujung kepala hingga ujung kaki terpotret sempurna. Jangan lupa berikan pose formal terbaik dengan senyum yang menarik. Gunakan juga pakaian formal.

Ukuran Foto untuk Lamaran Kerja via Email

ukuran-foto

Pembahasan di atas tentu masih belum bisa menjawab jika kamu harus mengirim lamaran kerja melalui email. Pas foto yang harus kamu sertakan ke dalam lamaran kerja tersebut tidak boleh lebih dari 1 MB. Pasalnya, HRD akan lebih mudah mengunduh foto dan surat lamaran dalam ukuran yang kecil.

Selain itu, perhatikan juga formatnya. Sebaiknya kamu lampirkan file foto dan lamaran kerja dalam bentuk PDF. Sebab, format file tersebut hampir bisa diakses semua device.

Pas Foto untuk Melamar Kerja Warna Apa?

Jika kamu memiliki pertanyaan seperti di atas, maka jawabannya adalah menyesuaikan dengan persyaratan dari perusahaan atau instansi. Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah cukup pakai background satu warna saja.

Umumnya, warna yang dipakai adalah merah, putih, atau biru. Selain tiga warna tersebut, agaknya tidak ada lagi warna lain yang digunakan. Sebab, ketiganya paling bisa memberikan kesan yang profesional.

Foto Lamaran Kerja Berjilbab

Bagi sebagian orang, ketentuan ukuran foto untuk melamar kerja telah diketahui. Begitu juga pose yang tepat. Namun, bagi yang berjilbab, masih ada sedikit kebingungan. Nah, bagi kamu yang berjilbab, pastikan simak penjelasan berikut ini.

Biasanya, pose tanpa jilbab yang benar adalah tampak depan dan memperlihatkan telinga. Akan tetapi, untuk kamu yang berjilbab sebaiknya tampikan kemeja sedikit pada bagian dada. Sehingga, kamu akan terlihat telah menggunakan baju yang resmi. 

Selain itu, pastikan ekspresi wajah kamu dibuat lebih natural. Senyum sedikit agaknya bukan masalah besar. Namun, jangan sampai gigimu terlihat.

Itulah penjelasan mengenai ukuran foto untuk melamar kerja. Pastikan perhatikan poin-poin tersebut supaya kamu tidak gugur hanya karena masalah yang sepele. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *