Printer Tidak Terdeteksi di Windows 10

Printer Tidak Terdeteksi di Windows 10

Masalah printer tidak terdeteksi di Windows 10 memang sangat menyebalkan. Ada ragam penyebab printer tidak terdeteksi, seperti kabel USB tidak tersambung dengan baik atau sudah rusak, device printer belum timbahkan ke Windows 10 dan lainnya.

Akibatnya, aktivitas mencetak dokumen, surat atau gambar jadi terhambat. Namun, tenang saja, melalui artikel ini, kami akan memberikan solusi jitu menghadapi printer tidak terdeteksi di Windows 10.

Ada enam solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah itu. Di antaranya sebagai berikut:

1. Periksa Kabel USB

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu penyebab printer tidak terdeteksi di Windows 10 yakni kabel USB tidak tersambung dengan baik atau bahkan sudah rusak. Ini memang menjadi penyebab yang umum terjadi di sebagian besar kasus printer tidak terdeteksi.

Adapun cara mengatasinya ialah memeriksa kembali kabel USB yang menghubungkan printer dengan komputer apakah sudah terhubung dengan benar atau belum. Kamu bisa melepas kabel USB terlebih dahulu, kemudian memasangnya kembali. Cek, apakah printer sudah terdeteksi di komputermu atau belum.

Jika belum, kemungkinan kabel USB tersebut sudak soak sehingga tidak bisa digunakan lagi. Jadi, solusinya adalah mengganti kabel USB yang baru. Perlu diingat! Kamu harus memastikan kabel USB baru itu cocok dengan printer dan komputermu.

2. Pastikan Driver Printer Terinstal dengan Benar

Jika solusi di atas tidak membuah hasil, mungkin permasalahannya bukan karena kabel USB, melainkan driver printer belum terinstal di Windows 10 milikmu. Oleh karenanya, kamu bisa memastikan apakah driver printer sudah terinstal dengan benar atau belum dengan cara berikut ini:

  • Buka ‘Start Menu’.
  • Cari dan klik ‘Device Manager’.
  • Cek pada bagian ‘Print Queues’ apakah nama printer yang tersambung dengan Windows 10 milikmu sudah muncul atau belum.
  • Kamu juga harus memastikan tidak ada tanda seru warna kuning yang menjadi simbol driver mengalami masalah.

Setelah mengikuti cara di atas, namun ternyata nama printer yang kamu gunakan tidak muncul, itu berarti driver printer belum terinstal. Kamu bisa menginstalnya melalui CD driver printer yang kamu peroleh saat melakukan pembelian. Atau, kamu juga bisa men-download di website resmi penyedia driver printer.

3. Gunakan Versi Driver yang Cocok

Seperti yang kami jelaskan di atas, kamu harus memastikan driver printer yang terinstal atau terpasang betul-betul cocok. Jika tidak cocok, printer tidak akan terdeteksi di Windows 10 milikmu.

Cocok, dalam hal ini, berarti driver printer yang terinstal sesuai dengan merek, tipe printer, arsitektur dan sistem operasi yang digunakan. Lalu, bagaimana cara mencari driver yang cocok untuk printer yang digunakan?

Mudah sekali! Kamu bisa menginstal driver printer melalui CD yang kamu peroleh saat melakukan pembelian.

Namun, jika kamu tidak memiliki CD tersebut atau hilang, kamu bisa men-download-nya di situs resmi penyedia driver printer sesuai dengan merek yang kamu gunakan. Misalnya, printer Canon di id.canon/en/support, HP di support.hp.com/us-en/drivers/printers, Epson di epson.co.id/driver dan lainnya.

4. Tambahkan Device Printer ke Windows 10

Melansir dari Thelastsurvivors.org, penyebab printer tidak terdeteksi di Windows 10 juga dapat terjadi karena perangkat printer baru belum ditambahkan. Ya, jika kamu menggunakan printer yang baru tersambung ke komputer, maka kamu harus menambahkan device printer tersebut. Sehingga, printer dapat terdeteksi dan bisa digunakan untuk mencetak sesuatu.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menambahkan device printer ke Windows 10:

  • Buka menu ‘Settings’, lalu klik ‘Devices’.
  • Klik ‘Printer & scanners’, lanjutkan dengan memilih ‘Add a printer or scanner’
  • Terakhir, klik ‘Connect’ untuk menghubungkan device printer baru ke Windows 10.

5. Pastikan Tidak Menggunakan Windows 10 1903

Pihak Microsoft telah memberikan penjelasan bahwa Windows 10 versi 1903 – 2004 mengalami bug terkait perangkat output berupa printer. Ya, bug tersebut membuat printer tidak terdeteksi di Windows 10.

Pihak Microsoft mengatakan printer tidak terdeteksi ketika pengguna menyambungkan kabel USB ke Windows 10 versi 1903 – 2004, kemudian menonaktifkan komputer dan printer, dan menghidupkan komputer dan printer lagi. Kendati begitu, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa melakukan kegiatan cetak-mencetak karena pihak Microsoft juga menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah bug itu.

Solusinya ialah sebelum menghidupkan kembali Windows 10, kamu harus menghidupkan printer serta menghubungkan kabel USB ke perangkat komputermu. Dijamin deh, printer yang kamu gunakan bakal terdeteksi kembali di komputermu.

6. Troubleshooting Printer

Kelima cara di atas masih belum membuahkan hasil? Jika iya, kamu bisa menerapkan cara terakhir ini. Ya, kamu bisa melakukan troubleshooting printer untuk mengidentifikasi apa sebenarnya ‘biang kerok’ yang membikin printer yang kamu pakai tidak terdeteksi di Windows 10. Di samping itu, kamu juga akan mendapatkan rekomendasi solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Berikut kami jelaskan langkah-langkah melakukan troubleshooting printer di Windows 10:

  • Buka ‘Start Menu’ kemudian pilih ‘Settings’.
  • Lanjutkan dengan memilih ‘Devices’.
  • Pilih tulisan ‘Printers & scanners’.
  • Pilih jenis printer yang kamu gunakan yang mengalami trouble atau masalah, lanjutkan dengan mengklik ‘Manage’.
  • Pilih ‘Run the troubleshooter’.
  • Sistem akan mendeteksi trouble atau permasalahan yang terjadi di printermu. Sistem juga akan merekomendasikan solusi untuk mengatasi masalah itu. Kamu tinggal mengikuti rekomendasi tersebut.

Itulah ragam solusi menghadapi masalah printer tidak terdeteksi di Windows 10. Jika cara-cara di atas masih belum membuat printermu terdeteksi di Windows 10, kamu bisa membawanya ke tempat service untuk mendapatkan ‘pertolongan’ yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.