Pantai Perancak: Pesona Sunset di Bali Selatan yang Tersembunyi

review-keindahan-Pantai-Perancak-di-Jembrana,-Bali-Selatan

Bali adalah rumah bagi pantai-pantai yang indah. Bukan sekadar Kuta atau Seminyak, setiap daratan di Pulau Dewata yang berbatasan dengan perairan selalu menawarkan pantai yang indah. Salah satu pantai yang tak boleh kamu lewatkan saat ke sana adalah Pantai Perancak, sebuah pantai di Jembrana, Bali Barat.

Pernahkah kamu mendengar nama pantai itu? Beberapa di antara kamu mungkin tidak asing lagi dengan nama itu. Namun, pasti banyak juga yang belum pernah mendengarnya. Terlebih, jika kamu lebih sering berlibur di Bali Selatan.

Ada begitu banyak hal menarik yang dapat kamu temukan di sana. Apa saja? Supaya tidak penasaran, mari telusuri di sini!

Sekilas tentang Pantai Perancak

Keindahan Pantai Perancak, Jembrana, Bali (Kredit foto: instagram.com/candraphotography1/)
Nama PantaiPantai Perancak
LokasiSirkuit Perancak, Perancak, Kec. Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali (Cek di Google Maps)
Jam bukaMinggu-Sabtu, 09.00-17.00 WITA (untuk konservasi penyu) Pantai: buka setiap waktu
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating pantai4,5/5.0 – 44 ulasan Google.

Dibandingkan dengan pantai-pantai di Bali Selatan, Pantai Perancak memang belum terlalu dikenal banyak turis. Namun, bukan berarti ia kalah indah dengan pantai-pantai tersohor lain di Jembrana, Bali Selatan. Nyatanya, Pantai Perancak termasuk salah satu pantai di Jembrana yang memiliki panorama golden sunset yang cantik.

Selain memiliki panorama sunset yang cantic, laut di Pantai Perancak begitu tenang. Ia dibingkai oleh pasir pantai berwarna coklat dan rimbun pepohonan. Tenang airnya mengundangmu untuk mendekat, seolah berniat membisikkan sebuah kejutan.

Nyatanya, kejutan itu memang ada! Cobalah untuk sedikit melangkah ke tengah, dan kamu akan menemukan banyak hal fantastis di bawah kakimu. Di bawah sana, banyak biota laut yang bisa dilihat lewat air yang jernih. Mereka bersandar dan berenang di antara karang-karang yang kokoh.

Pengalaman ini sangat menyenangkan. Seolah, kamu seperti tengah berdiri di atas akuarium alami. Ditambah lagi, kapal-kapal nelayan juga kerap pergi dan datang di sana.

Pantai Perancak semakin semarak dengan adanya kapal-kapal nelayan yang berjejer. Kekayaan lautnya adalah rezeki bagi penduduk setempat. Maka, setiap fajar dan sore, pantai ini semarak oleh warna-warni yang timbul dari perahu nelayan.

Waktu favorit wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Perancak adalah pada saat senja tiba. Begitu merekah warna langit dibuat oleh matahari yang akan tenggelam. Terbenamnya matahari membuat laut yang tenang berwarna oranye, pasir seolah menghitam, dan kapal-kapal menjadi siluet.

Pantai Perancak memang dekat dengan kampung nelayan. Bahkan, dari sana, kamu bisa melihat siluet kampung nelayan. Cantik dan teduh rasanya. Penduduk pun memanfaatkan hasil laut ini tak hanya untuk dijual dalam bentuk mentahan, tetapi juga dalam bentuk ikan bakar yang bisa disantap. Di dekat pantai, memang ada warung ikan bakar yang aromanya menggugah selera.

Keindahan ini dilengkapi dengan pemandangan penyu-penyu. Ya, Pantai Perancak merupakan pusat penangkaran penyu. Pada waktu-waktu tertentu, jika beruntung kamu dapat melihat proses pelepasan penyu ke lautan luas. Bahkan, kabarnya jumlah penyu di Pantai Perancak lebih banyak daripada Tanjung Benoa yang paling terkenal sebagai tempat wisata penangkaran penyu favorit.

Pantainya yang bersih dan ombaknya yang tenang membuat ia ideal sebagai tempat wisata keluarga. Anak-anak bisa bermain pasir dengan nyaman, pun berenang sedikit ke tengah laut dengan pengawasan orang tua.

Tak jauh dari Pantai Perancak, juga terdapat sirkuit yang biasa digunakan sebagai perlombaan. Kamu bisa bertanya kepada pengelola mengenai jadwal event balapan seperti motocross dan grasstrack. Selain itu, ada pula Ekowisata Mangrove Perancak yang bisa kamu sambangi untuk lebih mengenai konservasi bakau dan berfoto-foto.

Rute ke Pantai Perancak

Pada dasarnya, Pantai Perancak mudah untuk diakses dari beberapa daerah strategis di Bali. Kondisi medan jalan yang harus dilewati pun tidak berat.

Berikut ini adalah rute untuk pergi ke Pantai Perancak dari tempat-tempa5 terdekat:

Daya Tarik Pantai Perancak

Jika kamu butuh healing, ada banyak alasan untuk pergi ke Pantai Perancak. Beberapa daya tarik ini bisa menjadi pertimbangan untuk kamu yang mencari pantai elok yang dapat menyembuhkan stress. Simak, ya!

  • Pantai yang Cenderung Sepi

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, wisata Pantai Perancak memang bukan wisata yang mainstream. Jadi, ia tidak seramai Pantai Kuta atau Pantai Jimbaran.

Buat banyak orang yang menginginkan wisata pantai murni, ini merupakan opsi yang menarik. Di Perancak, kamu bisa melepaskan diri dari hiruk pikuk kehidupan modern.

Apa yang menaungimu adalah kesederhanaan. Ombak yang tenang, senja oranye bebas polusi, dan aktivitas nelayan yang penuh rasa syukur. Semua hal ini menciptakan harmoni yang menenangkan hati.

  • Warung Ikan Bakar

Begitu melimpah ikan-ikan yang ditangkap oleh nelayan di Pantai Perancak. Kamu juga dapat menikmati berkah ini lewat beberapa warung ikan bakar di sekitar pantai.

Yang membuat banyak orang ketagihan dengan ikan bakar khas Perancak adalah bumbunya. Bumbunya manis-gurih, berpadu sempurna dengan ikan yang dibakar kering. Karena merupakan ikan laut, teksturnya lebih empuk. Rasanya pun tidak amis.

Di warung ikan bakar, kamu bisa menikmati sajian menu sambil memandangi kapal-kapal nelayan yang pergi dan datang ke laut. Rasanya begitu damai.

Salah satu warung paling terkenal dengan view indah dan nuansa bersih serta nyaman adalah Warung Kurma Asih.

  • Penangkaran Penyu

Penangkaran penyu di Pantai Perancak digarap dengan cukup serius. Penangkaran “Kurma Asih” ini dibuat lantaran banyaknya penyu yang bertelur di sana. Di tempat penangkaran, terdapat penyu sisik, penyu hijau, dan masih banyak lagi.

Penangkaran penyu di tempat ini juga bekerja sama dengan World Wildlife Fund, lembaga yang berfokus pada penangkaran hewan-hewan liar dan pelestariannya.

Pada waktu-waktu tertentu, kamu juga dapat melihat pelepasan penyu ke laut.

  • Pemandangan Nelayan Melaut dan Kembali

Pada saat fajar, kamu bisa melihat pemandangan nelayan yang pergi melaut. Sementara itu, pada sore hari, kamu akan mendapati pemandangan nelayan yang kembali.

Siluet kapal-kapal berangkat dan kembali adalah pemandangan yang tiada duanya. Sebuah pengalaman menarik berfoto dengan pemandangan tersebut atau berinteraksi dengan nelayan. Bahkan, tak jarang anak-anak atau keluarga dari nelayan turut menunggu sang ayah untuk pulang dari sana.

  • Lokasi Strategis

Pantai Perancak memiliki lokasi yang strategis. Ia terletak tak jauh dari berbagai hotel yang nyaman, jalan utama, dan dikelilingi beberapa tempat wisata menarik seperti konservasi bakau, Pura Gede Perancak, tempat-tempat makan, hingga desa wisata nelayan. Kamu bisa mengandalkan baik kendaraan roda dua mau pun roda empat jika ke Perancak.

Kamu bisa berfoto-foto di area Pura Gede Perancak. Apalagi, dari pura, kamu bisa melihat keindahan sungai Perancak. Namun, jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang sopan. Selain itu, area pura dilarang untuk perempuan yang sedang menstruasi.

Fasilitas wisata di Pantai Perancak

Terdapat beberapa fasilitas umum yang bisa dinikmati oleh wisatawan saat berada di Pantai Perancak, antara lain:

  • Area mandI
  • Tempat parkir
  • Warung makan ikan bakar
  • Tempat duduk-duduk

Sementara itu, fasilitas tambahan yang akan kamu temui di Pantai Perancak adalah:

  • Pura Gede Perancak
  • Konservasi penyu
  • Pemandangan kapal-kapal nelayan
  • Sirkuit motor
  • Ekowisata bakau
  • Desa nelayan Perancak

Spot foto cantik di Pantai Perancak

Penasaran dengan apa yang bisa kamu temui di Perancak? Sebelum membawa tas dan koper ke sana, mari lihat sekilas kecantikannya di sini.

Sunset cantik di Pantai Perancak, Jembrana, Bali (kredit foto: instagram.com/jalanmelali)
Pemandangan cakrawala megah dan ombak yang tenang di Pantai Perancak (kredit foto: instagram.com/jembrana.now/)
Keindahan siluet kapal nelayan saat menjelang sunset di Pantai Perancak (Kredit foto: instagram.com/candraphotography1/)
Tradisi melukat di Pantai Perancak, Jembrana, Bali (kredit foto: instagram.com/soeswanto/)
Foto keluarga di Pantai Perancak, Bali (kredit foto: instagram.com/gek_prabha/)

Prakiraan biaya pengeluaran saat berwisata

Berikut prakiraan biaya yang akan kamu keluarkan saat bertamasya di Pantai Perancak:

Harga tiket masukGratis
Biaya parkirRp5.000,00
Biaya makanRp50.000,00-Rp200.000,00
Biaya minumRp10.000,00-Rp30.000,00
Tiket Ekowisata BakauRp5.000,00
Biaya ke toiletGratis

Catatan: Biaya bisa lebih atau kurang tergantung aktivitas yang kamu lakukan dan berapa orang yang ikut denganmu. Biaya tidak termasuk sewa cottage atau hotel di dekat pantai.

Jika kamu hanya ingin bersantai di Pantai Perancak, kamu hanya perlu membayar biaya retribusi parkir saja. Namun, jika ingin makan-makan, mungkin kamu harus membawa uang tambahan sekitar Rp100.000,00-Rp1.000.000,00, apalagi jika membawa banyak orang.

Harga untuk menginap di berbagai homestay di Perancak adalah sekitar Rp70.000,00 sampai dengan Rp200.000 00 per malam.

5 Kelebihan Pantai Perancak

Terdapat berbagai kelebihan yang membuat Pantai Perancak layak untuk disambangi:

  • Relatif sepi sehingga cocok untuk healing
  • Penduduk sekitar ramah-ramah
  • Ikan bakar lezat
  • Ombak yang tenang dengan pemandangan kapal nelayan cantik
  • Adanya penangkaran penyu

5 kekurangan Pantai Perancak

Terlepas dari beberapa kelebihannya yang menarik, pantai ini memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Tidak adanya aktivitas wisata menarik seperti surfing, snorkelling, ATV, dan sebagainya
  • Pilihan makanan monoton
  • Sepi, tidak terlalu menyenangkan untuk penyuka keramaian
  • Relatif jauh dari Kuta/Seminyak/Ubud selaku tempat wisata populer
  • Bukan tempat wisata yang menyajikan suasana mewah

Kesimpulan

Pantai Perancak memang cukup layak untuk dikunjungi. Aksesnya mudah, banyak tempat menginap, ombaknya pun tidak berbahaya. Fasilitas makan yang ada pun dapat mengenyangkan perut sekaligus memberikan kesan yang baik. Untuk kamu yang suka dengan keindahan alam, kearifan lokal, dan ingin mencari pantai anti-mainstream, maka, inilah tempatnya. Karena tak terlalu ramai, Perancak akan memberikan ketenangan yang kamu butuhkan jika ingin melepas penat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.