10 Rekomendasi Pantai Terindah di Kebumen (Trending 2022)

Rekomendasi-Pantai-Terindah-di-Kebumen

Pantai memang selalu jadi tempat favorit sebagai destinasi liburan, seperti yang ada di Kebumen. Kebumen sendiri merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di bagian selatan. Tidak heran kalau ada banyak sekali pantai cantik yang dimilikinya.

Dari sekian banyak pantai yang ada, setidaknya terdapat beberapa yang sedang hits di kalangan wisatawan. Mulai dari Pantai Menganti, Pantai Logending, Pantai Suwuk, hingga Pantai Suwumanis. Melalui artikel ini, kami akan mengulas beberapa pantai tercantik di pesisir Kebumen. Tertarik? Berikut 10 rekomendasi pantai tercantik di Kebumen yang kami kutip dari situs napaktilas.net.

1. Pantai Menganti

Pantai Menganti (kredit gambar: @ficaafryni_)
LokasiDesa Karangduwuh, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000
Aktivitas menarik di area pantaiMenyaksikan deretan perahu nelayan, bersantai di gazebo, berfoto, camping, menginap di homestay

Salah satu alasan kenapa pantai selalu jadi favorit untuk dikunjungi adalah karena keindahannya. Hal inilah yang dimiliki oleh Pantai Menganti. Maka dari itu, tak heran kalau pantai ini selalu ramai pengunjung, apalagi jika musim liburan tiba.

Ciri khas dari Pantai Menganti adalah dibentengi dengan bukit hijau. Bahkan, pantai ini sampai dijuluki sebagai New Zealand-nya Indonesia lantaran menyajikan pemandangan yang menakjubkan mirip dengan pesona pantai di negara tersebut.

Objek wisata ini sendiri sebenarnya merupakan pantai nelayan. Pada siang hari, pengunjung akan mendapati banyaknya perahu nelayan yang berlabuh di tepi pantai. Hal ini tentunya bisa menjadi pesona tersendiri yang ditawarkan Pantai Menganti.

Selain itu, saat berkunjung, wisatawan akan mendapati berbatuan yang berserakan di sekitar pantai. Konon, berbatuan tersebut merupakan sisa dari letusan gunung berapi purba,

Dengan pesonanya yang sangat memanjakan mata, rasanya jika berkunjung hanya sebentar di sini agak kurang memuaskan. Jadi, tak ada salahnya untuk menghabiskan waktu berlama-lama dengan menginap di homestay yang telah disediakan di sekitar area pantai.

Selain homestay, ada banyak fasilitas lain yang disediakan Pantai Menganti untuk menjamin kenyamanan pengunjung, seperti:

  • Area camping.
  • Rumah makan.
  • Gazebo.
  • Spot foto.
  • Ojek.

Dari pusat kota, jarak yang harus ditempuh untuk menuju Pantai Menganti sekitar 43 menit melalui Jl. Ayah – Karang Bolong. Setelah sampai di area parkir pantai, kamu harus menaiki beberapa anak tangga untuk sampai ke tepi pantainya.

2. Pantai Logending

Pantai Logending (kredit gambar: @kaakdan)
LokasiJl. Pantai Pasir No.km 01, Logending, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 05.00-22.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000
Aktivitas menarik di area pantaiNaik perahu, berfoto, menginap di homestay, belanja oleh-oleh, wisata kuliner, mengunjungi Hutan Logending

Pantai Logending atau yang dikenal sebagai pantai Ayah ini juga menjadi destinasi favorit wisatawan yang ingin menikmati deburan ombak dan pemandangan yang menenangkan. Pemandangan Samudra Hindia bisa terlihat dengan jelas sejauh mata memandang dari kawasan ini.

Pantai ini berada di wilayah selatan yang dikenal memiliki karakteristik ombak besar. Jadi, pengunjung tidak disarankan untuk berenang di area pantai demi keselamatan. Meski begitu, masih ada banyak aktivitas seru lain yang bisa dilakukan, di antaranya:

  • Naik perahu

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati keindahan pantai, salah satunya adalah dengan menaiki perahu. Di Pantai Logending, kamu bisa menyewa perahu yang telah disediakan oleh warga sekitar dengan tarif yang sangat terjangkau, yaitu Rp5.000/orang.

  • Wisata kuliner

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Pantai Logending tetapi tidak menikmati aneka seafood yang dijajakan di warung-warung sekitar pantai. Ada beragam menu masakan ikan laut yang ditawarkan. Selain makan di tempat, kamu juga bisa membeli ikan segar ataupun ikan asin untuk dibawa pulang.

  • Mengunjungi Hutan Logending

Tidak cuma pantai, di kawasan ini pengunjung bisa mendatangi Hutan Logending yang tidak kalah menakjubkan. Di sini, kamu bisa melihat berbagai jenis tanaman, mulai dari yang lokal hingga tanaman langka.

Seperti pantai selatan lainnya, Pantai Logending juga tak luput dari cerita mitos tentang Nyi Roro Kidul. Terlebih dengan adanya beberapa peninggalan dan batu-batuan yang dipercaya sebagai benda keramat dan bisa menarik wisatawan untuk terus berdatangan.

Di pantai ini juga terdapat batu keramat yang diyakini masyarakat sebagai gerbang Nyi Roro Kidul. Dilihat dari kejauhan, batu karang tersebut terlihat seperti seekor beruang yang sedang minum air laut.

Terlepas dari cerita mitos yang melatarbelakanginya, Pantai Logending memang layak untuk dikunjungi karena pesonanya yang memang tidak bisa dielakkan.

3. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk (kredit gambar: @annisa.haqiqi)
LokasiArea Pantai, Tambakmulyo, Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.30-16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp4.500/orang
Aktivitas menarik di area pantaiMengendarai ATV, menyusuri Sungai Telomoyo, hunting foto, camping

Berlibur bisa menjadi cara untuk melepaskan penat karena rutinitas sehari-hari yang monoton, dan mengunjungi pantai adalah salah satu alternatif terbaik. Jika kamu berencana berlibur ke daerah Kebumen, masukkan Pantai Suwuk ke dalam daftar liburanmu.

Suara deburan ombaknya bisa mendamaikan hati siapa saja yang mendengarnya. Dengan menyempatkan waktu sejenak untuk berlibur ke pantai ini bisa membuat hatimu tenang dan rileks.

Selain bersantai menikmati pemandangan dan deburan ombak, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya, seperti:

  • Mengendarai ATV

Mengendarai ATV di sekitar pantai tentunya bisa menghadirkan sensasi tersendiri dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Wahana ATV ini menjadi salah satu wahana favorit wisatawan. Jika sedang banyak pengunjung, tak jarang harus antre dulu jika ingin menyewanya. Biaya untuk sewa ATV ini cukup terjangkau, yaitu hanya Rp50.000/jam.

  • Menikmati pemandangan Sungai Telomoyo

Pantai Suwuk merupakan muara dari Sungai Telomoyo. Saat mengunjungi pantai ini, tak ada salahnya untuk menyusuri sungai tersebut. Sungai Telomoyo sendiri merupakan pembatas antara Pantai Suwuk dengan Pantai Karang Bolong.

  • Hunting foto

Berlibur ke pantai rasanya kurang pas jika tidak mengabadikan setiap momen dengan jepretan kamera. Apalagi dengan pemandangan yang indah, Pantai Suwuk bisa menyuguhkan latar belakang foto yang sangat menawan.

  • Camping

Sama seperti pantai di Kebumen lainnya, di sekitar Pantai Suwuk sudah tersedia homestay bagi wisatawan yang ingin bermalam di pantai ini. Namun, jika ingin merasakan sensasi berbeda, kamu bisa mendirikan tenda di sekitar pantai untuk menikmati pemandangan di malam hari.

  • Memancing

Punya hobi mancing? Di Pantai Suwuk, kamu bisa melakukan kegiatan favoritmu ini. Di sini, telah disediakan spot memancing yang pastinya akan menghadirkan pengalaman seru dan berbeda dari tempat memancing pada umumnya.

Demi kenyamanan pengunjung, Pantai Suwuk juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, di antaranya:

  • Musala.
  • Gazebo.
  • Penginapan.
  • Toilet umum.
  • Area parkir luas.

4. Pantai Lampon

Pantai Lampon (kredit gambar: @hanasutoro)
LokasiHutan, Pasir, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Aktivitas menarik di area pantaiMenikmati sunset & sunrise, camping, hunting foto

Ingin mencari spot estetis untuk melihat sunset? Pantai Lampon adalah pilihan terbaik. Keindahan waktu senja di pantai ini sudah sangat terkenal, apalagi di kalangan fotografer.

Daya tarik dari pantai ini adalah letaknya yang diapit oleh dua bukit.  Lokasinya memang cukup tersembunyi, tetapi sangat layak untuk dikunjungi.

Dengan adanya bukit hijau dan beberapa gazebo estetis yang tersebar di beberapa titik, tentu saja akan menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Tak heran jika lokasi ini sering diburu oleh para juru foto.

Menikmati pantai sambil mengabadikan panoramanya yang luar biasa memang lebih pas jika dilakukan di atas bukit. Namun, belum ke pantai namanya kalau tidak bermain air. Untuk menuju ke tepi pantai, kamu harus menuruni bukit terlebih dahulu.

Kalau tak terlalu suka keramaian, waktu terbaik untuk menikmati keindahan pantai adalah waktu matahari terbit. Untuk itu, kamu harus datang pagi buta.

Namun, jika ingin menikmati sunset dan sunrise sekaligus, ada opsi untuk menginap dengan menyewa homestay atau camping di sekitar pantai. Tentunya bermalam di pantai menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin berlama-lama menikmati pesona yang dimiliki Pantai Lampon ini.

Tiket masuk dari objek wisata ini sangat terjangkau, yaitu hanya Rp5.000/orang. Dari pusat kota Kebumen, jarak tempuh menuju Pantai Lampon sekitar 38 km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam.

Kamu bisa menempuhnya menggunakan kendaraan pribadi dan kondisi jalannya sudah lumayan bagus. Hanya saja, kamu perlu berhati-hati karena medannya berkelok-kelok dan naik turun.

5. Pantai Bopong

Pantai Bopong (kredit gambar: @nufiqu)
LokasiArea Pantai, Surorejan, Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Aktivitas menarik di area pantaiMelihat penangkaran penyu, menikmati keindahan laguna

Pantai Bopong adalah satu dari sekian banyak pantai yang ada di Kebumen. Pantai ini merupakan lokasi perkembangbiakan penyu terbaik di Kebumen. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik di kalangan wisatawan.

Menambah daftar pesona yang dimilikinya, di sebelah timur Pantai Bopong terdapat sebuah laguna atau telaga payau yang oleh warga sekitar diberi nama Kali Gajah. Untuk menuju ke laguna ini, kamu bisa berjalan ke arah timur pantai selama kurang lebih 15 menit.

Letak laguna ini dikelilingi oleh bukit-bukit kecil yang menyerupai gundukan pasir. Demi kenyamanan pengunjung, di sekitar laguna juga sudah dibangun jalan dari paving sepanjang kurang lebih 200 meter. Jalanan paving tersebut dihiasi dengan berbagai macam hiasan yang bisa memanjakan mata siapa saja yang melewatinya.

Buat para pencari spot foto Instagramable, Pantai Bopong menyediakan sebuah jembatan hias dengan bentuk yang unik. Cocok sekali dijadikan latar belakang foto estetis.

Pantai Bopong adalah objek wisata yang sangat cocok dijadikan sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Anak-anak juga pastinya akan betah karena di sini juga terdapat ayunan dan rumah pohon untuk bermain. Orang dewasa pun bisa mengunjunginya.

6. Pantai Laguna Lembupurwo

Pantai Laguna Lembupurwo (kredit foto: @bambang_irwanto12)
LokasiLembupurwo, Mirit, Area Sawah, Lembupurwo, Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Aktivitas menarik di area pantaiMenikmati pesona laguna, sewa ATV, berkuda, naik perahu gowes, naik perahu tradisional, berenang di kolam renang anak, menyaksikan festival tradisional

Tidak cuma Pantai Bopong, pantai ini juga punya laguna. Namanya adalah Pantai Laguna Lembupurwo. Terletak di kawasan Mirit, Lembupurwo, jarak pantai dari pusat kota Kebumen kurang lebih 30 km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 47 menit.

Di pantai ini memang tidak disarankan untuk berenang. Namun tenang, masih ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan.

Meskipun tidak bisa berenang, kamu masih bisa main air dengan bebas di laguna. Arus air di laguna tersebut cukup tenang sehingga terbilang aman untuk pengunjung. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa pengunjung lakukan di Pantai Laguna Lembupurwo:

  • Berkuda

Berkuda bisa menjadi alternatif kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di pantai ini. Menikmati keindahan pantai dengan berkuda bisa menciptakan suasana berbeda dan menyenangkan.

  • Mengendarai ATV

Selain berkuda, kamu bisa berkeliling menikmati keindahan alam pantai sekaligus seru-seruan mengendarai ATV yang disewakan di area pantai.

  • Berenang

Pantai Laguna Lembupurwo adalah objek wisata yang ramah anak. Pihak pengelola telah menyediakan kolam renang untuk anak sehingga anak-anak tidak akan bosan saat diajak berlibur ke sini.

Selain kolam renang, ada pula wahana bermain anak. Dijamin, anak-anak akan betah bermain di sini.

  • Berkeliling dengan perahu

Air di laguna yang cukup tenang rupanya dimanfaatkan oleh pihak pengelola untuk menyediakan persewaan perahu. Kamu bisa menyewa perahu gowes untuk berkeliling laguna dan menikmati keindahan panorama yang disuguhkan. Selain perahu gowes, ada pula perahu tradisional yang bisa pengunjung sewa.

  • Menyaksikan penangkaran penyu

Di pantai ini, pengunjung bisa melihat penangkaran penyu. Terdapat konservasi penyu yang masih berupa pos sebagai pengawasan saat penyu bertelur.

  • Menyaksikan festival

Masyarakat Mirit memiliki acara festival tahunan yang diadakan di pantai ini, yaitu Grebeg Rowo. Festival ini diadakan setiap bulan Hijriyah Syawal atau setelah lebaran, tepatnya hari ke tujuh lebaran.

7. Pantai Watu Bale Kebumen

Pantai Watu Bale Kebumen (kredit foto: @kabutpetualang)
LokasiPasir, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Aktivitas menarik di area pantaiBerfoto di beberapa spot menarik, bermain air di tepi pantai

Nama Pantai Watu Bale mungkin tidak sepopuler Pantai Menganti atau Pantai Ayah. Namun jangan salah, pemandangan yang disuguhkan di pantai ini tidak kalah dengan pantai lain yang ada di Kebumen.

Pantai Watu Bale Kebumen punya keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya, yaitu adanya topografi pantai dengan tebing karang yang memesona. Tak heran jika para pemburu foto tak pernah melewatkan objek yang satu ini.

Tebing tersebut dimanfaatkan oleh pihak pengelola dengan membangun Kapal Titanic di atasnya. Keberadaan kapal tersebut tentu saja menjadi daya tarik bagi pengunjung. Bahkan, terkadang ada beberapa wisatawan yang rela antre untuk bisa berfoto di atas kapal tersebut.

Tak cuma itu, ada pula bangunan jembatan segitiga dengan latar belakang lautan luas yang akan memanjakan para pencinta spot foto keren. Mengadopsi landmark dunia, di Pantai Watu Bale juga telah dibangun replika dari Menara Eiffel yang ada di Paris. Menara ini sangat mencolok dengan dicat warna merah.

Jika ingin bermain air, disarankan untuk bermain di tepiannya saja mengingat ini adalah pantai selatan yang memiliki ombak cukup besar.

Sama seperti pantai selatan lainnya, Pantai Watu Bale juga memiliki cerita mitosnya sendiri. Nama Watu Bale sendiri berasal dari sebuah batu karang yang bentuknya mirip dengan peristirahatan atau yang dikenal juga dengan istilah bale. Batu karang tersebut dipercaya sebagai tempat singgasana dari tokoh legenda bernama Raden Mas Panduruan.

Selain itu, ada pula cerita unik lainnya mengenai telapak kaki raksasa berukuran 1,5 meter dan lebar 1 meter yang terletak di kaki bukit di perbatasan laut. Masyarakat sekitar memercayai bahwa telapak kaki tersebut adalah telapak kaki Bima, seorang tokoh wayang dalam cerita Mahabarata.

8. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong (kredit gambar: @mampir_banten)
LokasiKarangbolong, Kec. Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 09.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Aktivitas menarik di area pantaiMenyaksikan sarang burung walet, menikmati keindahan pantai dari atas bukit

Pantai di Kebumen selalu memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dipunyai oleh pantai-pantai lainnya. Salah satunya adalah Pantai Karang Bolong. Di pantai ini terdapat banyak sarang burung walet yang terdapat di sebuah gua. Goa Karang Bolong ini terletak di sebelah timur pantai.

Pantai Karang Bolong memiliki keindahan pemandangan pantai dengan dikelilingi bukit hijau yang cukup lebat. Objek wisata ini masih terlihat alami dan tidak terlalu banyak tambahan bangunan atau wahana yang disediakan.

Pengunjung bisa menemukan patung berwarna keemasan yang seolah menjadi ciri khas dari Pantai Karang Bolong. Warung-warung yang ada di sini juga bukan warung atau restoran mewah.

Pasir pantainya tidak berwarna putih seperti pantai-pantai yang ada di Bali. Namun, suara deburan ombak yang besar bisa menghipnotis siapa saja yang mendengarnya. Pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat setelah lelah menjalankan rutinitas sehari-hari.

Rute menuju destinasi ini tidaklah sulit. Dari pusat kota Kebumen, jaraknya sekitar 35 km melalui Jl. Raya Sokka dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan pribadi. Kalau kamu melaju dari arah Yogyakarta, berjalanlah ke arah Jl. Daendels. Setelah itu tinggal menuju ke arah Pantai Suwuk dengan melawati Alun-Alun Karang Bolong.

Kemudian, kamu akan menemukan pertigaan, ambil kanan. Berjalanlah lurus sampai kamu menemukan lokasi Pantai Karang Bolong Kebumen.

9. Pantai Petanahan

Pantai Petanahan (kredit gambar: @kebumen.explore)
LokasiKaranggadung, Kec. Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Dewasa: Rp3.000/orang Anak-anak: Rp2.000/orang
Aktivitas menarik di area pantaiMenyaksikan sarang burung walet, menikmati keindahan pantai dari atas bukit

Saat pertama kali mengunjungi pantai ini, mungkin kamu akan sedikit kaget dengan kondisinya. Ya, pantai ini memang cukup berbeda dari pantai lainnya lantaran memiliki kawasan hutan tersendiri. Jadi, objek wisata ini memang merupakan perpaduan antara pantai dan hutan. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri yang ditawarkan oleh Pantai Petanahan.

Di pantai ini terdapat sebuah tebing rendah yang berdiri kokoh dan merupakan pemisah antara bibir pantai dengan bagian hutannya. Banyak jenis pepohonan yang bisa pengunjung jumpai di hutan tersebut, tetapi sebagian besar berjenis Cemaran Udang.

Ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa pengunjung tidak boleh mengenakan pakaian berwarna hijau saat berada di pantai ini. Menurut mitos, konon siapa pun yang nekat mengenakan pakaian berwarna hijau akan menjadi korban dari keganasan ombak Pantai Petanahan.

Terlepas dari mitos tersebut, pantai ini sangat layak untuk dikunjungi karena pesonanya yang tak tertandingi. Terlebih jika kamu berkunjung pada waktu matahari terbenam. Pemandangan sunset yang disuguhkan bisa membius siapa saja yang menyaksikannya.

Rute menuju Pantai Petanahan tidaklah sulit. Dari pusat kota Kebumen, jarak menuju ke pantai ini sekitar 19 km dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit. Dari alun-alun Kota Kebumen, ambil arah Jl. Veteran – Jl. Ronggowarsito – Jl. Saloka Baru Pejagoan. Setelah itu, kamu akan sampai di Jl. Petanahan.

Lanjutkan perjalanan menuju Jl. Ambal – Kembaran dan Jl. Ambal – Petanahan. Begitu tiba di Jl. Daendels, kamu akan sampai di Jl. Pantai Petanahan dan tibalah di lokasi.

10. Pantai Surumanis

Pantai Surumanis (kredit gambar: @fiati_arifin)
LokasiDesa, Betah, Pasir, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00 -17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Aktivitas menarik di area pantaiSwafoto di spot foto menarik, melihat sunset, bersantai di pinggir pantai, dll

Seakan tidak ada habisnya, masih ada banyak lagi pantai yang ada di Kebumen, salah satunya Pantai Surumanis ini. Objek wisata ini terbilang masih baru dan jarang dikunjungi wisatawan. Letaknya juga sangat terpencil, jadi tak heran jika masih terlihat alami. Pantai ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang menginginkan ketenangan.

Menurut beberapa wisatawan yang pernah berkunjung, Pantai Surumanis menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dan tak kalah dengan pemandangan di Tanah Lot, Bali. Pasalnya, destinasi ini berada di wilayah perbukitan dengan pemandangan tebing-tebing hijau.

Pantai ini dipenuhi oleh berbatuan yang tersebar di hampir sepanjang garis pantai. Jadi, kamu perlu berhati-hati saat menyusurinya.

Ada satu tips yang mungkin berguna bagi kamu yang ingin mengunjungi pantai ini, yaitu gunakanlah alas kaki yang nyaman. Sebab, untuk mencapai pantai kamu harus berjuang menuruni bukit terlebih dahulu. Meski berat, semua akan terbayar dengan suguhan keindahan alam yang tiada tandingannya.

Pantai Surumanis terletak di Kecamatan Ayah, tepatnya di bagian timur Pantai Pecaron. Dari pusat kota, jarak tempuhnya sekitar 38 km dan memerlukan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam dengan kendaraan pribadi.

Saat berkendara ke arah pantai, kamu perlu berhati-hati karena berada di jalur bukit sehingga jalanannya cukup terjal dan berkelok-kelok. Usahakan mengemudi dengan kendaraan yang sehat dan tangguh agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Itulah tadi rekomendasi 10 pantai terindah di Kebumen yang lagi hits. Kebumen memang merupakan daerah pesisir, jadi tak heran kalau banyak sekali pantai di kawasan ini. Terlebih, pantai-pantai tersebut memiliki pesona yang bisa menghipnotis siapa saja.

Kalau punya kesempatan untuk berlibur ke Kebumen, jangan lupa untuk kunjungi objek wisata pantai yang telah disebutkan di atas, ya. Jangan lupa jaga kesehatan agar kamu bisa liburan tanpa kendala.

Leave a Reply

Your email address will not be published.