Macam Macam Seni Rupa Terapan

Seni Rupa Terapan

Apa itu seni rupa terapan? Seni rupa terapan merupakan karya seni yang sering digunakan untuk kehidupan sehari-hari, yang dimana dapat mengandung nilai fungsi tertentu yang di samping itu memiliki nilai seni yang dimilikinya.

Untuk fungsi nya sendiri, seni rupa terapan dibedakan menjadi dua hal, yaitu fungsi estetis dan fungsi praktis. Selain itu, seni rupa juga dibagi menjadi beberapa macam, apa saja kira-kira? 

Langsung saja simak pembahasan lengkap mengenai beberapa macam jenis dari seni rupa terapan, berikut ini:

5 Macam Seni Rupa Terapan

1. Seni Kriya

Seni kriya salah satu contoh seni rupa terapan yang ialah sebuah karya seni yang dibuat menggunakan keterampilan ataupun skill tangan (hand skill). 

Karya seni satu ini selain menggunakan kecekatan dan keterampilan tangan juga membutuhkan kreativitas supaya hasil jadi karya ini tetap memperlihatkan unsur ataupun aspek fungsional/ kegunaan akan tetapi bersamaan juga dengan aspek keindahan karya seni tersebut.

Beberapa contohnya merupakan seperti seni ukir kayu, seni pahat topeng, seni kriya logam, seni keramik, seni tekstil, seni anyaman bambu dan lain sebagainya.

2. Seni Arsitektur

Seni arsitektur adalah suatu karya seni rupa dimana para seniman ataupun pembuat seni ini menjadikan suatu rancangan pembangunan ruang ataupun bangunan.

Dilansir dari matakaca.com seni arsitektur sendiri paling dibutuhkan untuk membangun dan membentuk suatu bangunan tertentu baik dengan ukuran kecil ataupun besar, misal rumah dan gedung.

Biasanya seni arsitektur banyak digunakan pada perancangan bangunan besar seperti gedung-gedung pencakar langit, sebuah monumen, menara-menara tinggi, jembatan dan lain sebagainya. 

Dari seni arsitektur tersebut menyebabkan segala sesuatu pada membangun pun lebih struktural dan akan menghasilkan bangunan yang cantik dan indah pastinya.

3. Seni Ilustrasi

Seni ilustrasi yaitu salah satu jenis karya seni yang berbentuk ataupun berupa suatu gambar ataupun sebuah foto. mengenai beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa seni ilustrasi ialah sebuah gambar yang memiliki suatu fungsi guna menerangkan sebuah kejadian ataupun peristiwa.

Berdasarkan hal tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa seni ilustrasi sendiri merupakan sebuah potongan gambar ataupun foto yang menyimpan suatu makna ataupun nilai tertentu di dalamnya.

Pemakaian dari seni ilustrasi biasanya digunakan untuk mengabadikan sebuah momen ataupun peristiwa penting dan juga untuk membantu menggambar suatu kisah peristiwa secara singkat menjadi satu bingkai ataupun frame gambar.

4. Seni Grafis

Seni grafis merupakan salah satu seni rupa yang mana pembuatannya menggunakan ataupun menggunakan proses percetakan untuk membentuk hasil karya seninya. Media yang dipakai pada seni rupa terapan ini umumnya lumayan menggunakan kertas. 

Pada seni grafis ini umumnya proses pencetakan menggunakan bahan cat ataupun lain sebagainya.

Contoh penerapannya merupakan pada penyablonan baju, pembuatan banner ataupun media cetak yang lainnya.

5. Seni Dekorasi

Seni dekorasi merupakan salah satu bagian dari seni rupa terapan yang tatanannya terkait perabotan-perabotan ataupun alat-alat dan perangkat pelengkap lainnya untuk menjadikan dan menyebabkan sebuah ruangan ataupun bangunan tertentu menjadi lebih rapi dan cantik untuk dipandang.

Sederhananya, kita bisa mengartikan seni dekorasi adalah seni dimana cara kita menghias ataupun memperindah suatu bangunan, benda, ataupun objek-objek yang lainnya sesuai selera dan harapan kita. 

Fungsinya pun supaya kita merasa nyaman, selain fungsi kegunaan yang kita dapatkan saat menggunakan ataupun beraktivitas di ruangan tersebut.

Untuk contohnya juga banyak sekali seperti mendekorasi kamar, menghias ruangan, dekorasi tempat pernikahan, dan masih banyak lagi contohnya.


Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam seni rupa terapan. Semoga bisa dijadikan sebagai referensi dan dapat menambah wawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *